Popular Posts

Sabtu, 22 Oktober 2011

Jupiter MX 2011 : Dengan Fiber Lebih Enteng

June 8, 2011
Jupiter MX 2011 : Dengan Fiber Lebih Enteng

GILAMOTOR.com. –Kreativitas memang tak pernah mengenal batasan, kendati lokasi dan kondisi bengkelnya terbilang sempit, Aden sang punggawa Aden Modified mampu menumpahkan segala imajinasi nya ke dalam sebuah karya modifikasi dengan hasil yang rapi.
Di bengkel yang menyatu dengan sebuah konveksi kecil, Aden mengoprasi tampilan Yamaha Jupiter MX tahun 2011 milik H. Suarno hingga terlihat lebih sporti.
Secara keseluruhan, Aden mengubah bodi Jupiter MX ini tampa menghilangkan fungsi dan kenyamanannya. Untuk mempertahankan kedua hal itu, Aden lebih memilih bahan bodi dari fiberglass ketimbang menggunakan plat.
“Kalau pakai plat motor akan jadi lebih berat, hanya saja kalau menggunakan fiber waktu pengerjaannya jadi lebih lama karena harus membuat mal untuk mencetak bodinya,” terang Aden.
Peruban jelas terlihat pada bagian sayap yang dibuat menyeruapai fairing moge. Selain itu, buritan juga dibuat lebih runcing dengan desain single seater. Di bagian depan Aden menghilangkan lampu utama di stang dan dipindahkan ke bagian tengah tebeng.
Untuk menunjang tampilan Jupiter MX agar lebih sporti, Aden mencangkokkan beberapa part after market di beberapa sektor. Seperti head lamp yang dicomotnya dari lampu mobil serta lampu belakang yang diganti dengan fariasi.
Di sektor kaki-kaki, Aden hanya mengganti velg dan ban yang lebih besar agar terlihat lebih macho. Ban depan menggunakan ukuran 90/80-17 dan belakang menggunakan 120/70-17.
“Ban sengaja diganti dengan ukuran yang lebih besar agar tampilannya lebih sangar dan macho,” terang Aden.
Aden menjelaskan, kendala pengerjaannya hanya pada pembuatan mal untuk membuat bodi dari fiber. Makanya, kata Aden, waktu pengerjaannya sedikit lebih lama tapi hasilnya jauh lebih sempurna.
Bengkel : Aden Modified
081288833100

10 TIPS Merawat Ban Mobil Anda



Lihat Gambar
KapanLagi.com – Menurut data yang terdapat pada Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, sebanyak 660 kasus kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin dalam ban dan memakan korban luka berat sebanyak 33 ribu per tahun. Sebuah penelitian yang disponsori oleh Rubber Manufacturers Association (RMA) baru-baru ini, yang dilakukan terhadap 1000 orang pengemudi di seluruh negara bagian, menemukan fakta-fakta bahwa :
* 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan
* Hanya 19% dari para pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan ban mobil mereka
* Tiap bulan, tiga dari empat pengendara mobil mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka
Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM, jika Anda selalu rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam tekanan yang seharusnya.
Di bawah ini adalah 10 tips perawatan ban mobil :
1. Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.
2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.
4. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.
5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.
6. Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.
7. Buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
8. Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.
9. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
10. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan. (asa/bun)

Cara Mudah Perawatan ‘Air Filter’ Mobil Anda
Lihat Gambar
KapanLagi.com – Seperti halnya manusia,jeroan mesin harus senantiasa sehat dan bersih. Itulah sebabnya, filter udara terasa begitu penting. Bila peranti penyaring kualitas udara menuju bahan bakar tak berfungsi dengan baik, udara yang masuk bersama bahan bakar menuju ruang mesin adakalanya bercampur debu dan mengganggu kinerja mesin. Paling sederhana mengakibatkan mesin ‘terbatuk-batuk’.
Untuk itu, ada baiknya kita selalu teliti dalam memilih filter udara yang dijual di pasaran. Memang, perawatannya relatif mudah, tinggal melepas filter dari sarangnya, lalu menyemprotkan kompresor. Cuma, bila tak dirawat dengan baik, amat mungkin tak bisa panjang umurnya.
Berbagai merek saringan udara amat melimpah di pasaran saat ini. Dari yang terbuat dari karton dan menjadi suku cadang standar kendaraan. Menyimak aneka jenis filter udara yang ada di pasaran, tentulah cara merawatnya berbeda-beda. Karena itu, cermati trik jitu agar saringan tetap bersih dan terawat dengan baik.
Untuk filter yang terbuat dari karton, usia pakainya paling banter Cuma sekitar 2500 km hingga 5000 km. Selebihnya, harus segera diganti. Karena kelemahan dari filter ini, pada usia pakai tertentu, permukaan karton menjadi ‘berbulu’. Bila hal ini dibiarkan, serpihan lembut yang bercampur dengan debu itu bisa ikut masuk ke ‘dapur pacu’ alias ruang pembakaran. Efek sampingnya, permukaan silinder akan tergores.
Merawat filter karton, relatif mudah. Angkat filter dari sarangnya, lalu bersihkan dengan kompresor udara. Kalau perlu, bagian pinggir filter diketuk pakai gagang obeng hingga debu yang melekat rontok semua.
Berbeda dengan filter yang terbuat dari spons. Umumnya mampu bertahan hingga 15.000 km atau setahun pakai. Seringan yang satu ini, merawatnya juga mudah. Celupkan saringan spons ke dalam air, lalu cuci pakai deterjen. Setelah benar-benar bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan ataupun dijemur tapi jangan sampai kena matahari secara langsung. Setelah kering, filter siap dipasang kembali.
Untuk filter berbahan serat katun, lain lagi ceritanya. Yang satu ini, perawatannya rada mahal, lantaran harus dibersihkan pakai cairan khusus. Untuk K&N misalnya, ada larutan pembersihnya sendiri. Pembersih yang terdiri dari sabun khusus dan oli ini, penggunaannya agak khusus.
Setelah filter dilepas dari rumahnya, kemudian peranti penyaring udara itu diketok hingga semua debu dan kotoran yang menempel rontok semua. Namun, saat ‘mengetok’ filter udara tersebut, usahakan menggunakan landasan yang empuk, seperti ban misalnya.
Tahap selanjutnya adalah menyiram filter tersebut dengan air yang mengalir, baru kemudian disemprot dengan cairan sabun khusus. Setelah didiamkan selama kurang lebih 5 menit, filter tersebut kemudian disiram kembali dengan air. Proses tersebut diulang hingga air sisa pencucian terlihat lebih bening.
Sebelum proses pengolesan dengan oli dilakukan, filter mesti dikeringkan. Ada dua cara yang dianjurkan, yakni yang pertama dengan hair dryer atau dengancompressor, tetapi dengan tekanan angin yang serendah mungkin. Akhir dari proses perawatan filter udara ditutup dengan pengolesan oli khusus. (mbl/bun)

Cara Jitu Merawat ‘Soft-Top’ Mobil Anda
Lihat Gambar
KapanLagi.com – Bagi Anda yang sehari-harinya mengendarai mobil kabriolet alias mobil yang atapnya bisa dibuka dan ditutup dengan mudah (convertible top), patut menjaga kondisi soft-top agar tetap prima. Cara terbaik untuk mencuci soft-top adalah dengan tangan (hand-washed).
Atau jika Anda mau menyisihkan sedikit uang, Anda bisa membawa soft-top yang telah dilepaskan dari rangkanya, ke binatu. Perawatan ini dapat memperpanjang usia soft-top mobil Anda.
Helmut Pless, Technical Director of Mercedes-Benz Classic Centre menyarankan beberapa langkah. Pertama, bersihkan soft-top dengan air hangat, lalu cucilah dengan sabun yang ringan. Anda dapat membuatnya dengan campuran dua sendok teh sabun dan 10 liter air.
Gunakan sikat halus, lalu mulailah menyikat dari bagian depan ke belakang dan jangan ditekan terlalu keras. Bilas lagi sampai benar-benar bersih dari sabun. Terakhir, keringkan dengan cara diangin-anginkan dan usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung.
Selain itu, Anda jangan melupakan faktor lingkungan. Cucilah soft-top Anda di tempat pencucian yang seharusnya. Anda juga sama sekali tidak disarankan mencuci dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi.
Seandainya kabriolet Anda basah, berkendaralah keliling kota sejenak agar sedikit kering. Setelah itu, baru Anda boleh melepaskan soft-top untuk dijemur.
Jika Anda melipat soft-top dalam keadaan lembab, bukan saja beresiko mengandung jamur tapi juga menimbulkan lipatan-lipatan dan kusut, serta memendekkan usia soft-top mobil Anda.
So, daripada soft-top menjadi mudah berlubang dan jika hujan bisa menimbulkan kebocoran, maka tak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit perhatian agar atap soft-top mobil Anda awet dan tahan lama. (mtr/bun)

Warna Baru Kawasaki Ninja 250


Rabu, 14 September 2011 10:24 wib
 26  3023 
detail berita
F: Kawasaki Ninja 250 2012 (motorcycle)
NEW YORK - Kawasaki Divisi Amerika menrilis varian terbaru motor sport 250cc. Varian terbaru Kawasaki Ninja 250cc versi 2012 ini memiliki tiga pilihan warna yang menarik.

Warna yang paling menarik untuk Kawasaki Ninja 250cc versi 2012 ini, yakni perpaduan warna merah dan hitam. Warna merah yang dipilih Kawasaki, sama seperti yang dipakai dalan varian Ninja 1000 dan Versys. Namun, terlihat lebih sporty karena dilengkapi dengan grafis sporty yang tercoret tajam di bodinya.

Selain itu, tersedia juga dalam pilihan warna hitam dengan grafis bernuansa hijau dan satu lagi varian berlabur warna hijau khas Kawasaki. Namun, meskipun memiliki warna dan striping baru, Kawasaki Ninja 250cc versi 2012 secara desain tak ada yang berubah.

Lebih lanjut, mengenai spesifikasi mesinnya, Kawasaki Ninja 250cc versi 2012 ini tetap menggunakan dua silinder dengan kapasitas ruang bakar bersih 249cc dan masih mengandalkan karburator.

Seperti dilansir Motorcycle.com, Rabu (14/9/2011), Kawasaki Ninja 250cc versi 2012 ini akan lebih dulu dipasarkan di Amerika Serikat pada awal tahun 2012 mendatang. Soal harga dibanderol mulai USD4.199 atau Rp57 jutaan untuk pasar otomotif di Amerika.
(zwr)

Membersihkan Ruang Pembakaran

Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang menggerakan motor kita.
Ruang pembakaran (Combustion chamber) akan sangat kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak di ruang pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau kotoran yang masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak ada pembakaran yang sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran di ruang bakar” Kata Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic yang rata-rata menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari motor bebek, hal ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu merawat motor ke bengkel resmi tentunya.
Combustion Process

Akibatnya deposit atau kotoran di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?
Nah saya ada sedikit tips untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya Membersihkan ruang pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya setiap 10.000 kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah “Combustion Chamber Cleaner”.
Combustion Chamber Cleaner
Bentuknya dalam botol kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki formula yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner) untuk meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.
Penggunaannya kurang lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.
Kedua, nyalakan motor, kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.
Ketiga, setelah 15 Menit, nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang. Pada fase ini, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih dan bau yang sangat menyengat. hati-hati jangan dihirup. Biarkan putaran mesin pada rpm sedang ini selama beberapa menit sampai bau dan asap putih yang keluar dari knalpot menghilang dengan sendirinya.
Langkah seperti ini dapat di ulang selama seminggu sekali, sampai botol “Combustion Chamber Cleaner” habis (3-4 kali pemakaian). Nah, dengan langkah ini deposit kotoran akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Saran saya, gunakan Bahan bakar yang sesuai dengan motor anda, usahakan menggunakan bahan bakan non-timbal, Ganti oli dan bersihkan filter udara secara rutin.

sumber : pupung budi purnama

Kamis, 20 Oktober 2011

5 Desain Motor yang Unik dan Langka

Oleh: Bintang Mian (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Bagi anda raja jalanan, tampil dengan tunggangan kuda besi yang khas akan sangat membanggakan. Apalagi motor yang kita gunakan memiliki desain yang tak lazim. Mungkin seperti sepeda motor di bawah ini. Anda tertarik menggunakannya?:

1. Motor Predator
Anda seorang pria tangguh yang suka mengintimidasi orang di jalan raya? Rasanya motor ini akan sangat tepat digunakan anda. Desain tengkorak menutupi cover depan dengan mengagumkan dan menakutkan. Motor Predator ini dibiat Pitstop Motors, sebuah toko sepeda motor custom di New Jersey.

Motor Predator (Sumber: geeky-gadgets.com,uniknya.com)

2. Motor Jaguar
Nama motor ini Jaguar “Leaper”. Konsep motor dengan logo kucing hitam ini diciptakan Barend Massow Hemmes dari Massow Concept Cycles bersama Polar Cycles dari Doncaster Inggris. Desain ini juga melibatkan illustrator kumputer profesional dan bahkan ada kontribusi pematung untuk mendapatkan hasil akhir yang benar-benar unik.

Motor Jaguar (Sumber: top5s.net,uniknya.com)

3. Sepeda Motor Tertinggi di Dunia
Motor ini dibangun Greg Dunham dengan berat 6500 pound dan tinggi 15 kaki serta panjang 20 kaki. Dengan desain ini mengantarkan motor ini tercatat dalam Guinness Book World of Record sebagai sepeda motor tertinggi yang bisa dikendarai. Untuk menyelesaikan motor ini memerlukan waktu 3 tahun dengan biaya 300.000 dolar AS.

Sepeda Motor Tertinggi di Dunia (sumber: urbantitan.com:8080)

4. Suzuki Biplane
Konsep motor Biplane futuristik ini dibuat Suzuki pada 2007 di Tokyo. Desain ini terinspirasi pesawat yang mengagumkan. Pengendaranya pun diharapkan memiliki selera yang sama terhadap  pesawat tanpa kanopi.

Suzuki Biplane (Sumber: autoblog.com)

5. Sepeda Motor Silinder Tunggal Terbesar di Dunia
Motor yang dibilang sangat keterlaluan ini dibangun Franz Langer, pensiunan insinyur asal Jerman. Karya dan nama Franz tercatat dalam Guinness Book World of Record sebagai pembuat motor terbesar di dunia dengan silinder tunggal. (**)

Sepeda Motor Silinder Tunggal Terbesar di Dunia (Sumber: chillbike.co.za)

Sumber: top5s.net, uniknya.com, Agustus 2011

5 Sepeda Motor Tercepat di Dunia

Oleh; Bintang Mian (kontributor uniknya.com)
[UNIKNYA.COM] Mengendarai sepeda motor adalah salah satu hobi favorit di dunia. Akan lebih mendebarkan jika naik sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Memacu adrenalin dengan kecepatan tinggi di atas sepeda motor menarik bagi sebagian masyarakat. Mereka ingin merasakan angin bertiup sangat cepat, walaupun bagi beberapa orang tidak seperti itu. Naik sepeda motor dengan kecepatan tinggi perlu memiliki keterampilan khusus. Apalagi jika sepeda motor yang digunakan seperti yang uniknya.com catat ini.


  1. Yamaha YZF R1 – (297 km/jam)
Motor ini merupakan buatan pabrikan Jepang yang dipererkenalkan perusahaan terkemuka sepeda motor, Yamaha. Kecepatan maksimum motor ini adalah 186 mph atau 297 km / jam. Pada kecepatan tertinggi, 128,2 menghasilkan tenaga kuda (95,6 kw) pada 10000 rpm.

Yamaha YZF R1(Sumber: carphotomobil.com,uniknya.com)

  1. Honda CBR1100XX Blackbird – (310 km/jam)
Honda telah merilis motor ini. Mesin yang digunakan dalam siklus motor 1137cc liquid-cooled inline empat silinder. Mencapai kecepatan hingga 190 mph (310 km / jam). Kecepatan tertinggi sepeda motor ini didukung dengan 114 kw (153 hp) dengan tenaga 10.000 rpm.

Honda CBR1100XX Blackbird (Sumber: runwalkjog.com,uniknya.com)

  1. MTT Turbine Superbike Y2K: 227 mph (365 km/jam)
Motor ini dapat dijalankan pada kecepatan 227 mph (365 km / jam) dengan Rolls-Royce 250-C20 turbo shaft. Kecepatan maksimum mencapai 320 tenaga kuda (239 kw) pada 52.000 rpm. Transmisi yang digunakan sangat sederhana dengan bantuan dua kecepatan transmisi otomatis.

MTT Turbine Superbike Y2K: 227 mph (sumber: wordpress.com)

  1. Suzuki Hayabusa - (397 km/jam)
Sepeda motor ini dibuat oleh Suzuki, salah satu perusahaan yang terbaik di industri otomotif. Mesin yang digunakan 1340 cc, 4-stroke, empat silinder, liquid-cooled, DOHC, 16-katup. Top speed yang dapat dicapai dengan motor ini adalah 248 mph (397 km / jam) pada 197 kekuatan tenaga kuda (147 kw) pada 6750 rpm 147kw.

Suzuki Hayabusa (Sumber: yuvaz.com)

  1. Dodge Tomahawk - (560 km/jam)
Dodge Tomahawk adalah sepeda motor yang menggunakan mesin jenis V 90-derajat 10-silinder. Kecepatan maksimumnya 350 mph (560 km / jam). Dapat berjalan pada kecepatan ini dengan bantuan daya total mencapai 500 tenaga kuda (370 kw) pada 5600 rpm (45 kw / L).(**)

Dodge Tomahawk (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

Sumber: wonderigo.com, uniknya.com, Oktober 2011

Inilah Mobil-Mobil Tercanggih dan Termahal Dunia !

1. Pagani Zonda C12F


Pagani Zonda C12F, mobil ke-5 termahal di dunia
Ini adalah wallpaper keren dari mobil-mobil super terkeren di dunia.
Tapi bukan hanya itu. Ini adalah mobil-mobil super, dengan teknologi mesin tercanggih di dunia, material masa depan yang lebih kuat dari baja dan super ringan, dan dengan desain yang paling spektakuler.
Material canggih yang digunakan di hampir semua mobil super ini adalah material bernama Carbon Fiber, yang juga digunakan di pesawat ruang angkasa. Selamat menikmati.

2. Koenigsegg CCGT.
Ini adalah supercar dari Angelholm Swedia. Versi CCXR-nya adalah mobil sport "ramah lingkungan" yang pertama, "Green Car" dengan memakai biofuel dari ethanol. Versi CCXR ini juga dipilih Forbes sebagai salahsatu mobil terindah dalam sejarah.



3. Bugatti Veyron, Mobil Termahal di Dunia.
Harganya US$ 1.700.000. Materialnya terdiri dari Carbon Fiber, Titanium, dan Alumunium. Carbon Fiber adalah bahan khusus yang ringan tapi sangat kuat. Kecepatan max-nya bisa mencapai 400 km/jam! (Tapi ada satu mobil lagi yang lebih cepat). Mobil ini bisa melesat dari 0 ke 100 km/jam, hanya dalam waktu 2,5 detik, akselerasi mesin tercepat di dunia. Mesinnya yang dahsyat menggunakan Turbocharged W16 engine.




4. Lamborghini Reventon

Didesain berdasarkan model pesawat tempur, bahkan mempunyai G-Force Meter. Ini adalah mobil termahal kedua setelah Veyron, seharga US$ 1.600.000. Dibuat sangat terbatas dan telah habis terjual bahkan sebelum diproduksi. Ini adalah Lamborghini terkuat dan termahal yang pernah dibuat. Hanya akan diproduksi sebanyak 20 buah.




5. Ferrari Enzo.
Mobil super seharga US$ 1.000.000 (lelang). Menggunakan teknologi Formula 1, badan dari Carbon Fiber, bahkan memakai teknologi yang tidak diijinkan dipakai dalam Formula 1, seperti Active Aerodynamics dan Traction Control.




6. Lamborghini Gallardo (modifikasi Hamann, Jerman)




7. Maserati Birdcage




8. Lamborghini-C S1.



9. 2009 Alfa Romeo
Salahsatu konsultan otomotif Forbes Rob Myers menyebutnya sebagai "salahsatu benda terindah yang ada di dunia"



10. Frazer-Nash "Namir" Hybrid.

Mobil sport super hibrid tercepat di dunia, mesinnya bisa menggunakan sekaligus bensin dan listrik sehingga sangat irit. Namir berasal dari bahasa Arab berarti "Harimau".



11. SSC Ultimate Aero TT, Mobil Tercepat di Dunia.

Inilah mobil tercepat yang mengalahkan Bugatti Veyron, 413 Km/Jam. Mesinnya menggunakan Twin-Turbo V8 dan secara teoritis mampu mencapai kecepatan 439 km/jam. Kecepatannya diuji coba di tempat uji coba khusus NASA di Virginia. Buatan Amerika. SCC (pembuatnya) mengumumkan bahwa model baru Aero EV yang bertenaga listrik akan segera diproduksi.Super cepat, dan ramah lingkungan.



12. Lotec Sirius.
Mobil yang nyaris berbentuk seperti pesawat ruang angkasa ini terbuat dari Carbon Fiber dan Kevlar. Mampu mencapai kecepatan 400 km/Jam.


Senin, 17 Oktober 2011

Konsep Street Party Toyota Kijang Super Pick Up 1988 Full Audio Cello

Anda tentu tak asing dengan mobil yang satu ini. Ya...ini adalah Toyota Kijang Super Pick Up lansiran tahun 1988 yang dirombak bergaya ekstrim dengan konsep Street Party, jawara Autoblackthrough Surabaya 2010. Sang empunya tak lain adalah Deden dari Xtreme Soundworks Surabaya, yang tahun lalu juga berhasil merebut gelar The King di kota Pahlawan ini. Jangan bayangkan wajah jadul mobil ini. Mengusung kastemisasi audio yang powerfull dengan merk Cello, mobil inipun disulap jadi sebuah mobile party melanjutkan sukses yang sudah dibuat 'saudaranya' yaitu Holden Belmont Custom. Hasilnya sebuah mobil yang unik dengan kelir dominan kombinasi merah dan putih.
 
Selain menjejali mobilnya dengan perangkat audio Cello asal Denmark, beberapa bagian lain di eksterior, interior, kaki-kaki maupun mesin juga telah mengalami perubahan radikal. "Konsep yang kita bawa untuk mobil ini masih sama yaitu untuk menjadi show car. Hanya khusus mobil ini ada sedikit penyempurnaan kalau tahun lalu itu murni show car untuk di dalam gedung, sekarang sudah lebih ke arah street party," kata Deden mengenai konsep dasar modifikasi mobilnya. Artinya dengan konsep baru ini Deden mengklaim kalau mobilnya bisa dibawa kemana saja untuk hangout di kampus, party di alam terbuka dan segala tempat yang tak hanya di dalam gedung saja dan tentu suara maksimal dari sektor audio.
 
" Salah satu yang bikin beda dari mobil ini ialah bisa betul-betul berdiri sendiri. Dalam hal ini menyangkut segi kelistrikannya, mobil bisa show off di jalan, mall, atau di kampus tanpa perlu pasokan listrik seperti dari di dalam gedung," ujar Deden lagi. Lalu apa yang membuat mobil ini mampu melakukan semuanya ? Jawabannya ialah dari sumber kelistrikan yang dirancang besar. Kalau biasanya pada mobil, dinamo ampernya 1, Deden mengubahnya menjadi 3. Jika kebanyakan setiap dinamo ampere itu hanya sekitar 50 - 60 ampere, Deden menyulap mobil ini jadi 130 ampere kali 3 dan inilah yang membuat mobil bisa berdiri sendiri. 
 
Komposisi sound sistem sendiri memakai amplifier merk Cello sebanyak 22 unit, speaker merk Cello 24 unit, subwoofer yang juga merk Cello sebanyak 8 unit. Sebagai tambahan, Deden menjejali seperangkat TV LCD 42 inchi pada bagian depan (kap mesin) yang bisa juga dijadikan slide show untuk memamerkan produk-produk Cello. Input datanya dilakukan lewat perangkat komputer yang ditempatkan di dashboard penumpang sebelah kiri.
 
Bicara mengenai eksterior, Deden punya alasan mengapa mobilnya tampak lain dari pada yang lain. "Sejak mendapatkan gelar King tahun lalu, saya menerima banyak masukan termasuk dari juri yang intinya kalau mau membangun mobil sebaiknya basicnya jangan sampai kelihatan. Walaupun tahun lalu mobilnya bagus, sekilas orang masih bisa menebak kalau mobil tersebut adalah Holden dan dengan penampilan saya yang sekarang orang hanya tahu mobil ini pick up tapi nggak tahu sebenarnya ini merk mobil apa," katanya meyakinan. Lampu depan dan belakang diganti mengadopsi lampu Mercy new eyes, sementara body dirombak total di bengkel Xtreme Soundworks sendiri dan memakan waktu sampai 4 bulan. 
 
Tebak berapa anggaran yang dihabiskan untuk mewujudkan kastemisasi ini ? Untuk biaya keseluruhan, Deden mengaku menghabiskan anggaran sampai Rp 350 juta. Hampir setengah dari biaya total habis untuk membeli kebutuhan audio. Sejalan dengan ubahan radikal body dan sound sistem, seluruh bagian interior turut dirancang ulang. Deden memang tak ingin memperhatikan lagi bentuk asli sang pick up sehingga ubahan radikal juga merambah kabin melai dari dashboard, bangku dan plafon yang didesain beda sarat sentuhan futuristik agar ketika orang memperhatikan mobil ini, mereka tidak tahu kalau ini adalah mobil Kijang.
 
Melengkapi semua perubahan pada mobilnya, Deden mengaplikasi 7 gerakan motorized mulai dari TV di kap mesin depan, pintu gullwing kiri dan kanan, areal pick up tempat bersemayam audio terdapat 3 gerakan serta 1 lagi pada bagian plafon yang bisa digunakan untuk DJ perform. So...what are u waiting for ? Let the party started Dude ! [mot/timABT]
 
Specifications :
 
Car : Toyota KIjang Super Pick Up 1988
Modification : Extrame with Street Party Concept
Owner : Deden, Xtreme Soundworks Surabaya
Exterior : Mercy new eyes headlamp, custom bodywork
Audio : 22 amplifier Cello, 24 speaker Cello, 8 subwoofer Cello ,  and TV LCD 42 inchi
Interior : full customs

GL100 Berpenampilan HD Sportster "Kombinasi"

Jangan heran kalau tampilan motor tua yang lahir menjelang awal 1990-an bisa menjadi lebih gahar dengan mengusung aroma Harley-Davidson Sportster. Memang diperlukan pengorbanan dan kerelaan untuk mengubah bentuk jadulnya menjadi lebih masa kini. Untuk mempermuda tampangnya, komponen asli banyak yang harus dibuang termasuk potong sasis belakang menyeluruh tak bersisa. Bahkan hingga lengan ayun menggunakan barang hasil custom sendiri yang terbuat dari plat dengan tebal 1 mm dan diameter mencapai 2 inci berbentuk melengkung.

"Potong sasis bikin tampang belakang makin gahar, dan ini harus dilakukan supaya gaya HD Spotster bisa tergambar, tapi saya terpaksa harus menyambung rangka sedikit demi menempatkan dudukan jok", ujar Papi, punggawa Heri Matic Custom.

Bukan sekedar sasis buritan yang harus dibuang tetapi suspensi dan rangka depan pun harus mengalami hal sama. Sementara itu mengganti perannya, Papi harus mendesain ulang kaki-kaki depan termasuk sistem suspensinya.  Kombinasi ban gede dengan tampilan demikian serasa mendekat dengan aroma Hotrod. Namun sayangnya, urusan dapur pacu tak sebadak spesifikasi yang ada pada pakem Hotrod dan masih harus toleransi dengan beberapa elemen Low Rider pada setang dan as roda.

Berbicara soal komposisi warna pada tangki dan cover engine sang GL100, ternyata Papi terinspirasi oleh Djarum Black, terbukti saat interview video, pernyataan tersebut keluar dari bibirnya. Perubahan lain yang dianggap mampu mempermanis tampang Sportster-nya, variasi chrom pada beberapa perangkat custom-nya seperti pada knalpot, lengan ayun, sepakbor, kaki-kaki depan hingga setang. Bagian terunik terdapat pada jok yang juga terbuat dari pelat kemudian di chrom, jauh berbeda dari jok motor pada umumnya.

Cita-cita lain Papi alias Bambang Winarto juga menginginkan motor karya mutakhirnya ini bisa berlaga di arena kontes, setelah Mio Low Rider pendahulunya yang berhasil menyabet juara di salah satu ajang kontes di Depok, beberapa waktu silam.[nus/timBX, Heri Matic Custom, Jalan Ciputat Raya No. 15, Tanah Kusir, Pondok Pinang, Jakarta Selatan]

Spesifikasi :

Motor : Honda GL100 1988
Mesin : standar
Suspensi : Shock depan custom, shock belakang Jupiter MX
Velg : Champ
Ban : MRF Nylongrip Zapper-G 100/90-17 55P (depan), Bridgestone Battlax 120/80-17M G15 (belakang)
Gas spontan : KTC
Gear set : Honda Tiger
Custom : Setang, tangki, knalpot, jok, filter udara, speedometer, spakbor, footstep, lengan ayun

Matic Kinclong "Setang Tinggi"

Sering kita dengar celotehan-celotehan diantara para bikers seputar fenomena motor matic, ada sebagian pernyataan lelucon yang mengklaim bahwa motor matic hanya untuk kaum hawa saja. Lantas bagimana jika sang matic sudah berubah wujud menjadi beraliran Chopper seperti yang satu ini? Sebagian fakta lain menyebut Chopper identik dengan orang-orang yang berambut gondrong dan bertato. Sementara itu berbicara sekilas tentang Chopper, awalnya motor bergaya demikian merupakan peninggalan dari PD II diakhir tahun 1960-an. Dimana para prajurit perang pada kala itu beranggapan bahwa garpu atau forek dengan sudut kemiringan yang panjang akan menambah laju motor sehingga lebih cepat dan ringan.

Jika matic sudah tampil seperti hasil garapan milik Papi, Heri Matic Custom ini maka anggapan atau statement tersebut jelas sudah tidak terbukti. Lebih dari 70 persen sasis telah dirombak. Tetapi menariknya, semuanya beraroma kinclong bahkan hingga spakbor dan cover engine CVT-nya pun juga mengalami proses celup krom.

Bagian lain yang cukup vital dan sangat berpengaruh terhadap konsep Chopper-nya yakni bagian garpu. Dimana untuk menunjang kinerja kemiringan garpunya, dipilihlah suspensi dipilihlah suspensi up-side down dari Dexu, cukup terlihat kekar. sementara itu, sistem peredam kejut belakang dibuat custom dengan memindahkan dudukan suspensi yang mempertemukan antara sasis utama depan dengan sasis belakang dan dilengkapi dengan suspensi aftermarket kepunyaan Yoko.

Bagian tangki juga harus mengalami proses kreatif terlebih dahulu sebelum "nyemplak" menampung bahan bakar sang matic. Soal tampilan jelas sudah tidaj diragukan, namun menyinggung sektor dapu pacu tak ada perubahan, karena sang modifikator hanya terkonsentrasi pada tampilan luar saja. Terbukti untuk proses pengabutan bensin pun masih mengandalkan Keihin bawaan motor.

Guna menguatkan aroma modifikasi maka sejumlah komponen part hasil modifikasi turut andil melengkapi style Chopper-nya, seperti footstep, knalpot, lampu, setang dan lainnya.[nus/timBX, Heri Matic Custom, Jalan Ciputat Raya No. 15, Tanah Kusir, Pondok Pinang, Jakarta Selatan]]

Spesifikasi :

Motor : Yamaha Mio 2007
Mesin : Standar
Rangka : custom
Kaki-kaki : Shockberaker up-side down DEXU (depan), Koyo (belakang) /
Ban : FDR Sport XR 90/80 - 17 (depan) Deli Tire 140/60 - 14
Velg : DID
Custom : Setang, tangki, rangka,  shockbreaker, footstep, knalpot, filter udara, spakbor, lampu
 

Modifikasi Vixion Ala R6

Tak sedikit kaum pria yang hobi dengan motor-motor beraliran sport, ya bisa jadi mereka merasa lebih gagah saat menunggangi-nya, maka tak sedikit juga kaum pria lebih mengutamakan memburu motor sport ketimbang motor jenis lain. Tapi apa jadinya kalau motor tersebut dirasa kurang sporty ?, nah jalan satu-satunya adalah modifikasi. Seperti salah seorang pemilik Yamaha Vixion satu ini, Citra Wahyu Sanjay yang merasa kurang srek sama tampang asli motornya, lantas Ia berkeinginan untuk merubahnya menjadi Yamaha R6.

Dalam memuluskan niat dan keinginannya untuk merubah motor, pria yang berdomisili di Kuningan, Jakarta ini memilih rumah modifikasi Tauco Custom. Dilihat secara visual mulai dari bodi hingga kaki-kaki, motor buatan tahun 2009 ini telah mengalami sejumlah perubahan meski dari sisi tenaga Tauco masih mengandalkan mesin standar, tapi itu tidak mengurangi sama sekali nuansa sporty di motor. Pandangan pertama ketika orang melihat motor ini pasti tertuju pada bodi, agar terlihat meyerupai R6 asli bagian bodi depan dilepas kemudian digantikan oleh bodi baru berbahan plat galvanis dengan tingkat ketebalan 0,8 mm yang didesain seperti bodi R6.

Sebagai pelengkap penampilan, kembali beberapa komponen asli bawaan pabrik dilepas dan digantikan oleh komponen baru yang diambil dari berbagai merek. Untuk lampu utama, motor ini mengusung lampu Yamaha Jupiter Z sedangkan lampu belakang diambil dari punya Minerva. Bagian kenalpot juga kena imbas dari perubahan yang dilakukan modifikator, kini kenalpot merek Kwagen Custom Products yang menempel disamping kanan motor.

Sementara itu swing arm asli juga diganti, sebagai penggantinya modifikator memilih swing arm buatan Kwagen Custom Products. Selain ganti komponen asli, bodi belakang dan tangki bahan bakar juga ganti desain, kini bagian belakang motor sedikit agak langsing ketimbang wujud asli Vixion, begitu juga pada rancangan tangki motor, sekarang terlihat sedikit "gendut" dan didesain penuh lekukan.[san/timBX]

Spesifikasi
Motor : Yamaha Vixion 2009.
Bodi Full Set : Plat Galvanis, 0,8 mm.
Lampu Depan : Minerva.
Lampu Belakang : Yamaha Jupiter Z.
Swing Arm : Kwagen Custom Products.
Knalpot : Kwagen Custom Products.
Shock Depan : Up side Down Aprilia RS. 125.
Velg Depan dan Belakang : Aprilia RS. 125.
Ban Depan : Swallow Deli Tire 10/80/70/17.
Ban Belakang : IRC 130/70/17.
Foot Pag : Yoshimura
Bengkel Modifikasi : Tauco Custom

Honda Civic Modifikasi - Ferio K-Series

Menemukan Honda Civic Ferio yang dimodifikasi ala mobil Jepang sudah banyak. Apalagi ketika melihat aksi beberapa Civic Ferio di lintasan Drag Race. Tetapi beda bagi Umar Faruq, dia memodifikasi Civic Ferio-nya bergaya racing. Tetapi Umar tidak hanya sekedar gaya, melainkan mesin juga ikutan dibikin racing.
Honda Civic Ferio K-Series
Berawal dari doyan ngebut sejak duduk di bangku SMA, Umar mengganti mesin standar Honda Civic Ferio nya dengan B18C5 kepunyaan Honda Integra Type-R DC2 yang bertenaga standarnya 197 HP. Dengan tenaga standar yang besar sudah cukup memuaskan Umar untuk memacu mobilnya di lintasan resmi maupun jalan raya. “Tapi mesinnya jebol bos hehehe.” buka Umar. Wah tobat donk bos? Atau ganti mesin standar? “Saya ganti pakai mesin K20A bos, soalnya pengen bikin Civic Ferio pertama yang memakai mesin K-Series.” bilang Umar. “Tapi gatau juga sih udah ada atau belum.” tambahnya.
Honda Civic Ferio K-Series
Ternyata mencari mesin K20A gampang dicampur susah, dan tanpa menyerah Umar terus mencari mesin tersebut sampai kurang lebih 2 bulan. Tapi bagaikan mimpi menjadi kenyataan, Umar mendapat informasi bahwa ada yang menjual mesin beserta gearbox dan wiring K20A di Surabaya, tak tanggung-tanggung dia mendapatkan K20A dari Honda Integra Type-R DC5 dengan transmisi manual 7 speed (1 mundur). Tanpa pandang bulu, Umar langsung menebusnya. Kemudian Umar memboyong mesin tersebut dan dibawa ke rumah modifikasi AP Speed untuk dilakukan eksekusi.
Awalnya mesin dibelah untuk dilakukan pengecekan pada internal mesin. Berhubung sedang dibelah, Umar memesan kepada mekanik AP Speed agar dilakukan Porting & Polish pada head yang merupakan menu wajib untuk meningkatkan tenaga. Selesai dikerjakan, mesin langsung dipasang ke Honda Civic Ferio nya dengan mudah berkat engine mounting dari Hasport. “Pemasangannya sebenarnya memakan waktu yang lama, dikarenakan ada barang yang kurang lengkap.” bilang Umar. Untuk exhaust system, Umar memakai hasil custom dari AP Speed berikut piping-nya. Sementara untuk komputer mesin, dipakainya ECU Hondata yang memang khusus untuk mesin K20A. “Biar seragam dengan mobilnya, ECU pakai Hondata hehehe.” Dengan ubahan tersebut, mesin yang standarnya bertenaga 220 HP itu bisa terdongkrak hingga 260 HP.
Honda Civic Ferio K-Series
Kemudian pada bagian bodi Honda Civic Ferio dilakukan diet ketat agar mengejar bobot yang ringan. Dimulai dari pembuangan kerangka di semua pintu hingga bagasi, pengosongan interior, hingga penggantian kaca pintu dengan bahan fiberglass. Agar mendongkrak tampilan, Umar menggantikan bemper depan dengan Airwalker Style Front Bumper, dan spion Spoon. Kemudian sekujur bodi mobil dipasangkan cutting stiker bertema racing.
Honda Civic Ferio K-Series
Honda Civic Ferio K-Series
Interior yang kosong tidak dibiarkan kosong begitu saja, tetapi diisi oleh Rollbar Custom, dan jok Buddy Club Bucket Seat. Sedangkan dashboard standar masih dipertahankan dengan digantinya speedometer standar dengan speedometer Honda Civic EK9, dan penambahan pada Tachometer Pivot yang dapat mencapai 10000 RPM. Bukan sekedar bergaya racing, tetapi putaran mesin K20A memang sanggup mencapai 9000 RPM lebih. Sedangkan indikator tambahan Defi Gauge dipasang untuk memonitor kondisi mesin.
Honda Civic Ferio K-Series
Selanjutnya untuk kaki-kaki, Umar memakai velg Regamaster berwarna putih yang sewarna dengan tema modifikasinya yang kemudian dibalut dengan ban Yokohama Advan Neova AD07. Agar roda tetap mendapatkan traksi pada saat ngebut maupun beraksi di lintasan Drag Race, Umar memasangkan Strut Bar OEM Honda Civic EK, dan pemakaian peredam kejut Coilover Drag & Drift untuk Honda Civic Ferio. Efeknya, bantingan mobil menjadi keras tetapi stabil pada saat kecepatan tinggi.
Honda Civic Ferio K-Series
Dengan ubahan semua itu, Umar langsung mencoba Honda Civic Ferio nya di lintasan Drag Race yang diadakan di Sirkuit Sentul pada tanggal 25-26 Juni 2011 lalu. Pada gelaran tersebut, Umar dapat mencetak best time yang fantastis yaitu 13,8 detik di lintasan yang berjarak 402 meter.
Honda Civic Ferio K-Series
“Wah enak banget deh K20A, susah diungkapkan dengan kata-kata. Pokoknya kalau mau engine swap, pakai K20A saja hehehe.” bilang Umar dengan puas. “Tapi pengen juga coba di gelaran balap touring.” tutupnya.

Data Modifikasi :
Mesin : K20A Honda Integra Type-R DC5 with 6 Speed Gearbox, Porting & Polish, Header + Piping Custom, Engine Mounting Hasport, Oil Catch Tank Cusco, ECU Hondata.
Eksterior : Cutting Stiker, Airwalker Style Front Bumper, Spoon Racing Mirror.
Interior : Defi Gauge, Pivot Tachometer, Buddy Club Bucket Seat, Sparco Steering Wheel, Honda Civic EK9 Speedometer, Custom Rollbar.
Kaki-kaki : Regamaster Rims 15 Inchi, Yokohama Advan Neova AD07 195/55-15, Coilover Drag & Drift, Strutbar OEM Honda Civic EK.
Thanks To : AP Speed, Herdy, Absolve Bandung, Chunur Gas.


Teks/foto : niel

For Style And Fashion - Modifikasi Mazda2 Surabaya

Melihat tampang Mazda2 hatchback standar memang sudah cukup memenuhi syarat penampilan bagi mereka yang memiliki jiwa muda, namun ternyata bagi Timothius Eric pemilik Mazda2 yang berasal dari Surabaya ini perlua adanya sedikit sentuhan halus lagi guna menyempurnakan tampilannya agar lebih stylish dan berkesan fashion.

Berangkat dari keinginan itu, akhirnya ia pun merombak tampang standar Mazda2 miliknya agar lebih fashionable dan terlihat sporty. Tak lain tak bukan sektor utama yang digarapnya berada pada tampilan luar alias ekteriornya. Setelah mendapat restu dari kedua orang tuanya, langsung ia menggarap berlahan bagian luarnya.

Di mulai dari instalasi bodi kit yang mengambil dari custom Mazda Speed hasil huntingnya sendiri di dunia maya alias internet. “Sebelum membayangkan modifikasi apa yang paling cocok, emang udah direncanakan terlebih dahulu dengan rajin berkunjung ke dunia maya menengok modifikasi yang pas untuk Mazda2 ini bos,” ucapnya.

Dilihat dari tampang modifikasinya memang tak hanya mengesankan fashion dan sporty saja, namun juga sedikit menyenggol ke aroma racing style dengan adanya lip spoiler dan side skirt juga duck tail dibagian bokong belakangnya. Semua garapan bodi kitnya ia serahkan ke workshop Auto Version di Surabaya. Hasilnya pun cukup mengambarkan keingginan benak Eric sebelumya.

Selesai berbicara mengenai sektor eksterior, giliran beralih kebagian interiornya yang juga mendapat sedikit rombakan untuk mengimbangi tampilannya. Tanpa banyak pikir konsep interior pun langsung menuju ke tema sporty dengan menghiasi hampir seluruh bagian panel-panelnya dengan motif carbon dan juga menanggalkan jok standar bawaan pabrik dengan menggunakan Jok Bride Cuga lengkap dengan safety belt Takata.

Tampilan dan dalaman sudah, tapi rasanya Eric tak puas bila sektor hiburan pun tak ikutan digarap oleh karena itu robakan tajam di sektor audio pun juga dilaksanakan. Head unit standar Mazda2 segera dilengserkan dan diganti dengan Monitor Wqumox, sebagai pendongkrak tenaganya power amplifier keluaran Hitonics juga turut disematkan menunjang speaker di bagian depan, tengah dan belakang yang kesemuanya menggunakan SoundStream dan dikolaborasi dengan subwoofer Target. Alhasil, lengkap sudah garapan modifikasi yang diincar Eric and ready for nampang dan gaya … hehehe….

Data&fakta:

Eksterior : Full custom bodi kit, lip spiler, side skirt, bumper belakang, rear wing – Custom, stop lamp Depo, Muffler Kakimoto. Interior : door trim, plafon, panel-panel – Full Carbon, Jok Bride Cuga + Takata. Audio : Monitor Wqumox, subwoofer Target, Speker depan, tengah, belakang – SoundStream, power Hitonics, Capbank Cubig. Kaki-kaki : Volk Ray Ce 28, per Tein, Rem Brembo 6 pot.
Workshop : Auto Version

Teks/foto : *stanly